MEMPERHATIKAN TITIK KRITIS MAGARIN (MENTEGA)

MEMPERHATIKAN TITIK KRITIS MAGARIN

Biasanya magarin atau mentega digunakan untuk pembuatan kue ataupun roti. magarin ini merupakan benda semipadat yang memiliki sifat dapat dioleskan serta mengandung lemak minimal 80% dan maksimal 90% persen. Bahan pembuatannya adalah minyak dan lemak, baik yang berasal dari tumbuhan(nabati) maupun dari hewani maupun ikan.
Dengan memperhatikan bahan pembuatnya khususnya lemak, memungkinkan magarin ini bersifat syubhat(meragukan dalam agama islam) halal atau tidaknya magarin. Menurut pakar pangan halal, Anton Apriyanto, ini terjadi jika bahan baku lemak pembuat magarin tersebut berasal dari hewani. Jenis bisa lemak babi atau mungkin saja lemak sapi.

Meski ia mengatakan, semakin banyak magarin yang dibuat dengan bahan lemak nabati, termasuk di indonesia. Ia menambahkan, adanya tuntunan untuk menurunkan kadar lemak dalam magarin.

Maka muncullah produk serupa magarin yang kendungan lemaknya dibawah 80%, yang disebut dengan Spread. Saat membuat Spread dibutuhkan bahan pengisi sebagai pengganti lemak dan bahan pengental seperti gelatin, sodium alginat, pektin, dan karangenan.

Penambahan whey juga dilakukan untuk memperbaiki rasa," kata anton di Jakarta, belum lama ini. Gelatin dan whey status kehalalannya meragukan karena ada kemungkinan saat memproduksinya menggunakan bahan dari hewan, seperti babi. Ia mengatakan untuk membuat butter speard, digunakan sodium kaseniat.

Bahan ini, jelas Anton statusnya syubhat karena dalam proses pembuatannya dapat melibatkan enzim yang berasal dari hewan. hal ini yang perlu diperhatikan, magarin dan speard merupakan produk emulsi air dalam minyak, yaitu suatu campuran air dengan minyak. Air diharapkan terdistribusi dalam minyak secara merata.

Tak hanya itu, pada dua produk tersebut air diharapkan tak berpisah dari minyak. Guna mencapai tujuan tersebut, para pembuat magarin dan speard menggunakan pengemulsi. masalahnya, sebagian besar pengemulsi dibuat dengan melibatkan asam lemak yang terbuat dari hewan atau tumbuhan. " Ini, Statusnya syubhat,"kata Anton.

Lebih lanjut, ia mengungkapkan, sejumlah bahan tambahan dimasukkan dalam proses produksi margarin dan speard. Misalnya, Pengemulsi, lesitin,, beta karoten, perisai atau flavouring, whey dan gelatin harus diteliti kembali, terutama mengenai bahan bakunya.

Kalau lesitin, berasal dari kedelai. Namun, jenis nya sangat beragam dan salah satunya dibuat dengan melibatkan enzim fosfolipase A yang asalnya dari pengkreas babi. Sayangya, Urai dia, semua jenis lesitin disebut dengan lesitin saja sehingga sulit untuk membedakannya. oleh karena itu, ia menyebut status lesitin adalah syubhat.

Sementara untuk perisai, banyak sekali jenisnya dan tersusun dari banyak komponen. dari segi kehalalan memang sangat rawan. Sebab, perisai berpotensi mengandung asam lemak yang terbuat dari tanaman atau hewan. wakil direktur LPPOM MUI Osemena Gunawan menyatakan, ada beberapa titik kritis dari produk margarin.

Agar lebih lembut, ujar dia, terdapat bahan tambahan yang dipakai saat proses produksi margarin. "Ada vitamin, pewarna, juga perasa. Penambahan bahan-bahan itu supaya margarin lebih enak dan lembut," katanya.

Bahan-bahan tambahan itu bisa diragukan kehalalannya karena bahan pembuatnya dari hewan atau tumbuhan.

Kalau dari hewan, ada kalanya diambil dari organ babi. Bila dari hewan yang halal dikosumsi, papar Osmena, patut diketahui pula apakah disembelih dengan cara-cara sesuai syariat (Islam) atau tidak. Bagi konsumen Umat Muslim, lebih aman mengkonsumsi margarin yang berlabel HALAL karena telah diteliti kehalalannya oleh pihak yang berwewenang.

Didalam negeri produk halal dapat dikenali dengan adanya nomor BPOM MD dan label HALAL dan produk luar negeri ada nomor BPOM ML serta label halal pada kemasannya. "Jika selamat dari hal meragukan, hindari produk yang tak berlabel.

0 comments:

Post a Comment

 
© Copyright 2010-2011 Its Not Lab Kimia PT.PJB Muara Tawar All Rights Reserved.
Template Design by Kedai Obat | Supported by Berita Terkini | Powered by Jasa SEO | Pashmina Murah | Toko Bunga.