Apa Itu Reverse Osmosis?

Sebuah membran reverse osmosis bersifat sebagai bagian penghalang fisik untuk aliran hidrolik (aliran dengan tekanan), umumnya air yang di pisahkan atau dimurnikan sebagai produk akhir dari Reverse Osmosis.

Pada umumnya banyak dipakai untuk RO ini berasal dari bahan baku air laut. Bahan membran, kondisi manufaktur dan morfologi membran merupakan faktor penentu bagi retensi zat terlarut dan permeabilitas air. Namun pemisahan pada dasarnya pada lapisan tipis selektif membran reverse osmosis.


Osmosis merupakan fenomena alam dimana air melewati membran semipermeabel dari larutan dengan konsentrasi rendah garam ke dalam larutan konsentrasi garam yang lebih tinggi sampai kesetimbangan dalam potensi kimia air dibuat. dalam keadaan kesetimbangan, tekanan diferensial pada kedua sisi membran identik dengan perbedaan osmotik. untuk mengembalikkan aliran osmotik air, tekanan eksternal, lebih besar dari tekanan osmotik diferensial dari kedua solusi, harus ditetapkan. penambahan tekanan dari dalam ( eksternal) memungkinkan/membuat garam terlarut untuk dipisahkan dari air. fenomena ini di sebut "REVERSE OSMOSIS"

Proses reverse osmosis umumnya dibagi menjadi tiga kategori:

Tinggi tekanan reverse osmosis (5 - 10 MPa, seperti dalam desalinasi air laut)

Tekanan rendah reverse osmosis (2 - 5 MPa, seperti dalam desalinasi air payau)

Nanofiltrasi (0,3-2 MPa, seperti dalam pelunakan(penghilangan air sadah) air minum)

Sementara membran nanofiltrasi sering dianggap sebagai membran berpori, membran reverse osmosis didefinisikan sebagai tertutup, film tidak keropos. Permeat diserap oleh bahan membran dan dapat menyebar melalui struktur. Kekuatan pendorong untuk transfer massa adalah tekanan diferensial antara tekanan mekanis eksternal dan tekanan osmotik dari solusi. Selektivitas terutama didasarkan pada adsorpsi preferensial garam pelarut dan terlarut.

Nilai retensi Khas garam untuk reverse osmosis adalah antara 98% dan 99,9%. Sebuah membran reverse osmosis benar-benar akan mempertahankan semua molekul yang memiliki berat molekul lebih dari 150 Dalton. Sebuah perbedaan sering dibuat antara membran asimetris terpisahkan (biasanya terbuat dari triasetat selulosa) dan membran komposit film tipis (biasanya terbuat dari poliamida).

dibawah ini gambar dimana membran semipremeable digambarkan dengan jelas.



0 comments:

Post a Comment

 
© Copyright 2010-2011 Its Not Lab Kimia PT.PJB Muara Tawar All Rights Reserved.
Template Design by Kedai Obat | Supported by Berita Terkini | Powered by Jasa SEO | Pashmina Murah | Toko Bunga.